Selamat Datang Di Blog Muhammad Ilyas

Saturday, May 22, 2010

KONVERSI LAT-LONG KE UTM

Beberapa hari yang lalu seorang teman bertanya mengenai rumus untuk mengkonversi koordinat,tapi sayangnya saya bingung dengan pertanyaannya, saking bingungnya sampai saya bertanya pada diri sendiri apakah yang dia maksud itu konversi koordinat geografis ke Derajad Desimal atau geografis ke UTM/UPS ataukah sebaliknya.

Daripada sakit kepala memikirkan pertanyaan yang tidak jelas lebih baik saya cari aja salah satunya yang mungkin sudah mewakili pertanyaan temanku tersebut. saya menggunakan bantuan Excel untuk membuat logika sederhana yang bisa membantu mempermudah dalam perhitungan.

hasil dari file tersebut berupa spreadsheet dan dapat di unduh di

Projection Coordinate1.xls
| Projection Coordinate1.rar

CATATAN :
1. pada saat membuka file tersebut, mungkin excel akan mengaktifkan "makro" untuk meng-integrasikan logika yang dipakai dalam file tersebut. jangan khawatir..., file ini tidak bervirus.
2. Apabila terdapat kekeliruan formula dalam file ini yang berakibat pada hasil yang diperoleh tidak tepat maka mohon ada klarifikasi

0 comments:

Konversi Koordinat Geografis ke UTM

Konversi Koordinat Geografis/UTM


Derajad Menit Detik
Lintang
Bujur

Datum Pusat Meridian
Otomatis Manual

Meter Timur Meter Utara Grid Reference


    Catatan:

  • Hasil perhitungan yang dihasilkan diyakini memiliki akurasi 1 meter, namun akurasi tersebut tidak bisa sepenuhnya mendapat garansi.
  • Hasilnya mungkin tidak akurat, akan tetapi, akurasi 1 meter dapat di peroleh jika koordinat Lat/Long memiliki datum geodetik yang berbeda dengan yang digunakan dalam konversi.
  • Jangan memasukkan nilai negatif untuk koordinat lat/long bagian barat dari Greenwich atau bagian selatan dari equator (katulistiwa). Tentukan W atau S dengan menekan tombol yang telah disediakan.
  • Datum default adalah WGS1984 yang akan dipakai pada Grid Reference.
  • Untuk konversi UTM, pilihan default untuk kalkulasi otomatis atau dapat dimasukkan secara manual pada pusat meridian. Asumsi perhutungan bahwa standar longitude zona UTM adalah 6 derajad, kecuali pada beberapa zona tertentu disekitar Syalbard dan south-west Norway. Untuk proyeksi diluar dari standar zona UTM maka anda mesti memasukkan secara manual Central Meridian untuk proyeksi yang dibutuhkan.
  • Aplikasi ini telah di disain sedemikian rupa dengan menggabungkan tabel referensi datum kedalam JavaScript, sehingga program ini dapat digunakan apabila aplikasi pencarian anda telah terintegrasi dengan Java.